Pengaruh Pengetahuan, Kepercayaan Dan Pelayanan Lembaga Amil Zakat Terhadap Minat Membayar Zakat Di Lembaga Amil Zakat

Main Article Content

Amelia Anggita
Indri Yuliafitri

Abstract

The Indonesian state with the largest Muslim population in the world has a huge potential of zakat. However, the collection of zakat funds that occur in the field is still very far from the actual potential of zakat. This study aims to determine the influence of knowledge, trust and service of amil zakat institutions on the interest in paying zakat at amil zakat institutions. The type of data used is primary data. Data was collected through questionnaires with random sampling methods. Respondents in this study were Jakarta's adult Muslim society of 118 people. The analysis technique used multiple linear regression with a significance level of 10%. The results showed that the knowledge, trust and service of amil zakat institutions simultaneously had a significant influence on the interest in paying zakat at the amil zakat institution. Partially, trust and service have a significant influence on interest in paying zakat at the amil zakat institution while knowledge does not have a significant influence on interest in paying zakat at the amil zakat institution.


 


Abstrak


Negara Indonesia dengan penduduk muslim terbesar di dunia memiliki potensi zakat yang sangat besar. Tetapi, penghim-punan dana zakat yang terjadi di lapangan masih sangat jauh dari potensi zakat yang sebenarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan, kepercayaan dan pelayanan lembaga amil zakat terhadap minat membayar zakat di lembaga amil zakat. Jenis data yang digunakan adalah data primer. Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan metode pengambilan sampel secara acak. Responden pada penelitian ini adalah masyarakat muslim dewasa Jakarta sebanyak 118 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan tingkat signifikansi 10%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan pengetahuan, kepercayaan dan pelayanan lembaga amil zakat memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat membayar zakat di lembaga amil zakat. Secara parsial, kepercayaan dan pela-yanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat membayar zakat di lembaga amil zakat sementara pengetahuan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat membayar zakat di lembaga amil zakat.

Article Details

Section
Articles