Peran Store Atmosphere Dalam Membentuk Minat Pembelian Berulang (Studi Pada Kawasan Terpadu Wisata Punclut, Cafe Lereng Anteng)
Main Article Content
Abstract
The purpose of this research is to find out how the interest of consumer repurchase in Cafe Lereng Anteng Bandung and how much influence the store atmosphere in cafe Anteng Lereng to the interest of repeat purchase. This study used four exogenous variables and one endogenous variable. Exogenous variables consist of: exterior, general interior, store layout, interior display. While the endogenous variable consists of interest in repeat purchase. Endogenous variables are explained by Transactional, Reference, Preferential and Explorative indicators. This research used descriptive quantitative method. The sample in this re-search are the consumer of café Lereng Anteng. Sampling using non-probability technique, purposive sampling to 102 respond-ents. This Research used partial least square for Data analysis technique . Based on the partial least square test results obtained that the store atmosphere through the exterior, general interior, store layout, interior displays have a significant effect on con-sumer buying interest in cafe Lereng Anteng. The study found that 40.2% of repeat purchases were affected by the store layout and by 25.6% were influenced by the general interior of the cafe Lereng Anteng. Store layouts and general interior have a signifi-cant effect on the interest of repeat purchase especially on transactional interest with weight of 0.906 and referential with weight of 0.869. Transactional interest explains that consumers are planning to visit again and make repeat purchases at cafe Lereng Anteng and interest references explaining that consumers are dating and willing to recommend cafe Anteng Slope to others.
Abstrak
Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana minat pembelian ulang konsumen pada kafe Lereng Anteng dan seberapa besar pengaruh store atmosphere di kafe Lereng Anteng terhadap minat pembelian ulang. Penelitian ini menggunakan empat variabel eksogen dan satu variabel endogen. Variabel eksogen terdiri dari : exterior, general interior, store layout, interior display. Sedangkan variabel endogen terdiri dari minat pembelian ulang. Variabel Endogen dijelaskan dengan indikator Transaksional, Referensial, Preferensial dan Eksploratif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel pada penelitian ini yaitu konsumen kafe Lereng Anteng dengan menggunakan teknik non-probability,purposive Sampling kepada sebanyak 102 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah partial least square. Berdasarkan hasil uji partial least square didapatkan bahwa store atmosphere yang melalui exterior, general interior, store layout, interior display berpengaruh signifikan terhadap minat pembelian ulang konsumen pada cafe Lereng Anteng. Penelitian ini menemukan bahwa sebesar 40.2% pembelian berulang dipengaruhi oleh store layout dan sebesar 25.6% dipengaruhi oleh general interior dari cafe Lereng Anteng. Store layouts dan general interior berpengaruh signifikan terhadap minat pembelian ulang khususnya pada minat transaksional degan bobot 0.906 dan referensial dengan bobot 0.869. Minat transaksional menjelaskan bahwa konsumen berencana akan berkunjung lagi dan melakukan pembelian berulang di cafe Lereng Anteng dan minat referensial menjelaskan bahwa konsumen berencan dan bersedia untuk merekomendasikan cafe Lereng Anteng kepada orang lain .